Manfaat dan Khasiat Kacang Hijau


 
 
Manfaat kacang hijau. Kacang hijau dilihat dari namanya, merupakan sejenis tanaman polong-polongan yang memang biji kacangnya berwarna hijau. Kacang ini sering dimanfaatkan menjadi berbagai jenis olahan makanan. Mulai dari kolak, bubur, isi pia, isi bakpao, isi onde-onde, isi molen, campuran untuk es, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu sayuran taoge juga berasal dari kecambah kacang hijau. Tauge ini dipakai sebagai sayuran pelengkap dalam berbagai makanan, misal sajian untuk aneka bumbu pecel, urap-urap, dan lontong balap.

Jadi sepertinya setiap hari kita tidak bisa lepas dari kacang hijau dan fariannya. Selain halal tanaman polong ini juga bermanfaat untuk tubuh dan kesehatan. Manfaat kacang hijau itu karena didalamnya terkadang beberapa zat yang baik untuk tubuh. Dengan mengetahui manfaatnya akan lebih memantapkan hati untuk mengkonsumsinya. Berikut ini dua diantara manfaat zat yang terkandung dalam kacang hijau, manfaat zat besi dan vitamin B1(Thiamin) dalam kacang hijau.

Dalam 100gr kacang hijau terkandung 6,7mg zat besi. Jumlah tersebut adalah nilai tertinggi bila dibanding dengan zat besi yang terkandung dalam jenis kacang-kacang lainnya. Zat besi ini amat berperan untuk menghasilkan sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh ( haemoglobin). Untuk itulah kacang hijau sering dijadikan konsumsi saat selesai donor darah, biasanya berupa bubur kacang hijau. Bila anda salah seorang yang sering mengalami anemia, bisa jadi kacang hijau menjadi salah satu menu yang direkomendasikan. Anemia sering dialami wanita masa produktif saat haid. Gejalanya berupa pusing, lemas, pucat dan susah berkonsentrasi. Para ahli menyarankan saat mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, perlu diikuti dengan vitamin C. Ini akan mengoptimalkan tubuh untuk penyerapan zat besi.

Lalu apa kegunaan vitamin B1(thiamin)? zat ini berperan dalam pertumbuhan, meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki saluran pencernaan, sebagai sumber energi, dan juga memaksimalkan kerja syaraf. Karena manfaat itulah sering kita jumpai menu bubur kacang hijau sebagai makanan tambahan ketika ada kegiatan posyandu untuk balita dan balita. Jika kulit anda bersisik atau kering, daya tahan tubuh menurun, mengalami stress, insomnia, sering sakit kepala, dan mudah lupa, ada kemungkinan kadar thiamin dalam tubuh anda kurang. Bahkan dalam jangka panjang kekurangan zat ini bisa menyebabkan beri-beri. Dan tentu saja kacang hijau menjadi alternatif solusinya. Selain mudah mendapatkannya, pilihan berbagai variasi menu juga memudahkan anda untuk memilih sesuai yang diminati.

Meskipun thiamin dibutuhkan tubuh, tidak lantas kita mengkonsumsi secara berlebihan. Thiamin tergolong dalam vitamin yang larut dalam air, dan akan disimpan tubuh dengan jumlah yang terbatas. Jadi tidak perlu berlebihan dalam mengkonsumsinya, jika kadarnya berlebih maka tubuh akan mengeluarkannya melalui urine. Jadi terkesan mubadzir, tak ada manfaat yang diambil setelah mengkonsumsinya. Lantas anda jangan sampai mengabaikannya, kekurangan juga tidak dianjurkan. Konsumsi dalam jumlah yang proporsional akan lebih tepat, dan rata-rata perhari tubuh membutuhkan thiamin 1-1,5mg. Sedangkan dalam 100 gram kacang hijau terkandung 0,47mg thiamin.