Cara Memompa ASI (Air Susu Ibu)

Memompa ASI adalah salah satu tehnik yang harus diketahui ibu menyusui.Manfaat dari memompa sendiri bukan hanya untuk ibu bekerja yang harus mempunyai stok persediaan ASI saat bayinya ditinggal bekerja.tetapi juga bermanfaat pada awal-awal masa menyusui,dimana dimaksudkan untuk mengatasi kekurangan suplai ASI karena semakin sering ibu menyusui memompa,maka semakin banyak ASI yang diproduksi.Dan lebih baik lagi ibu menyusui memompa sesuai kebutuhan,bukan berdasarkan jadwal. Memompa ASI dapat dilakukan dengan breast pump/pompa ASI.

Cara Memompa ASI (Air Susu Ibu)

Pompa ASI ada 2 macam :

1. Pompa ASI Manual
Dilakukan dengan tangan, harga breast pump manual lebih murah, kekuatan dan frekuensi juga ditentukan oleh pengguna.

Cara Memompa ASI

2. Pompa ASI Elektrik
Menggunakan baterai/listrik,dan dilengkapi dengan adaptor. Breast pump elektrik harganya lebih mahal dari manual, namun kekuatan memompa lebih besar dan lebih cepat. Selain itu dapat dilakukan pada dua payudara sekaligus .Penggunaan breast pump elektrik lebih dianjurkan pada saat produksi asi sangat sedikit.

Cara Memompa ASI

Yang perlu diperhatikan saat memompa asi adalah kedua tangan harus bersih dan kering. Botol untuk menampung asi juga harus disterilkan terlebih dahulu dengan air panas. Setelah dipompa, wadah asi harus ditutup rapat, dan dimasukkan dalam termos es(untuk ibu bekerja), setelah tiba di rumah, baru dipindahkan ke dalam freezer, atau hangatkan jika akan diberikan pada bayi. Sebaiknya asi disimpan dalam botol-botol yang sekali minum untuk sang bayi, dan jika mengumpulkan asi dalam hari yang berbeda, tiap wadah diberi tanggal yang berbeda.

Memompa susu adalah keterampilan, seperti menyusui bayi Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu memompa lebih mudah dan untuk membantu Anda merangsang refleks ejeksi ASI Anda, mengurangi manipulasi pada puting yang sakit, hasil pemompaan ASI lebih banyak, dan membuat memompa terasa lebih nyaman.

Merangsang refleks ejeksi payudara
  1. Tetapkan Waktu atau jadwal rutin untuk memompa: siapkan tempat, kursi, minuman. Siapkan semua peralatan dengan cara yang sama setiap kali, lakukan relaksasi sesaat agar bersantai, saat memompa. Ini adalah pengkondisian refleks ejeksi rutin ASI Anda.
  2. Cobalah beberapa menit untuk melakukan pijat payudara sebelum Anda mulaia memompa. Mulai dari ketiak dan menggunakan jari tangan yang berlawanan untuk membuat lingkaran kecil pada jaringan payudara di satu tempat. Kemudian menggerakkan tangan Anda sedikit mengurut dan melakukannya lagi keseluruh bagian dari payudara. Secara bertahap buat pola spiral kearah areola . (ini mirip seperti pemeriksaan payudara ketika dokter Anda memeriksa benjolan.) Selesai pijat berikan tekanan/stroke kea rah areola di seluruh bagian di payudara. Kemudian pijat payudara lainnya. Jika aliran air susu Anda melambat selama sesi memompa, pijat payudara beberapa menit ddapat membantu melancarkan aliran ASI lagi.
  3. Pompa Perdana, selalu minum dua gelas air sebelum pemompaan.
  4. Visualisasikan ASI Anda mengalir seperti Air sungai dari gunung atau sungai yang mengalir ke arah laut ketika Anda memompa. Atau bayangkan diri Anda sebagai air mancur susu – atau apa pun gambar yang membantu Anda memproduksi ASi ketika di pompa.
  5. Sementara Anda memompa atau bawalah salah satu selimut atau pakaian bayi Anda. Sambil memompa sambil nikmati aroma bayi pada kain tersebut. Ini akan sangat membantu Anda untuk memperlancar ASI.
  6. Untuk meminimalkan gangguan ketika memompa, coba gunakan tape dan headphone. Anda dapat menikmati musik favorit Anda sementara Anda memompa, atau mendengarkan salah satu kaset yang menampilkan suara dari alam: laut, hutan hujan, apa pun yang menarik bagi Anda. Bisa juga sambil mendengarkan CD relaksasi atau CD affirmasi untuk ibu menyusui.
  7. Jika memompa membuat puting Anda sakit, cobalah mengubah pengaturan hisap yang lebih rendah. Atau coba berbagai jenis pompa. Pastikan bahwa puting tidak bergesekan dengan flange yang Anda pompa.
  8. Untuk mengobati dan mengurangi sakit puting setelah memompa dan membantu mereka sembuh, oleskan salf/obat untuk puting lecet pada Ibu Menyusui, ke puting Anda.  oleskan dengan lembut ke puting.

Pemompaan Agar Mendapat Asi Lebih
  1. Lakukan pemompaan sesering mungkin, biasanya setiap tiga jam. Jika Anda khawatir tentang memproduksi susu yang cukup, memompalah lebih sering . Ini lebih efektif untuk merangsang suplai ASI.
  2. Tambahkan sesi memompa ekstra di pagi hari, ketika Anda memiliki ASI yang paling banyak. Jika Anda mencoba untuk membuat persediaan ASI di freezer, ini adalah waktu yang baik hari untuk memompa.
  3. Jika Anda tidak memompa ASI sebanyak dulu, periksa pompa Anda.  Apakah segel atau beberapa bagian sudah rusak? Periksa ke produsen (akan ada nomor telepon dalam petunjuk dicetak). Anda dapat mengganti Pompa jika ada bagiannya yang aus.
  4. Cobalah memompa pada satu payudara sementara bayi Anda menyusu di payudara yang satunya. Isapan Bayi akan memicu refleks ejeksi ASI, dan Anda akan mampu mengumpulkan susu dari payudara yang lain lebih mudah. (Ini lebih mudah dilakukan dengan pompa listrik dibandingkan dengan pompa manual.)
  5. Bagi kebanyakan wanita, pemompaan ganda (memompa kedua payudara sekaligus) menghasilkan lebih banyak susu. tingkat Prolaktin dalam darah juga lebih tinggi saat Anda memompa kedua payudara secara bersamaan. pompa listrik yang berkualitas baik adalah cara terbaik dan termudah untuk pemompaan ganda.
  6. Jika pompa tidak berjalan dengan baik, coba pompa lainnya,sebaiknya satu yang satu atau dua sampai skala dalam kualitas dari yang Anda gunakan.

Kenyamanan :
  1. Pakailah dua potong pakaian dengan akses mudah ke payudara Anda. Ini paling mudah untuk memompa, jika Anda mengenakan atasan longgar yang dapat ditarik dari bawah. Ada banyak model pakaian khusus untuk ibu menyusui. Pakalilah itu dan nyaman.
  2. Membungkuk ke depan saat Anda pompa akan mencegah ASI menetes ke pakaian Anda.
  3. Double-pompa dengan satu tangan. Cobalah bersandar ke meja saat memegang pompa, gunakan ujung furnitur dan satu lengan untuk memegang pompa untuk payudara Anda. Anda akan memiliki tangan yang bebas untuk membaca majalah atau makan siang. Atau coba menggunakan tumpuan atau beberapa buku tebal untuk menyangga lutut Anda.

Cara Memompa ASI (Air Susu Ibu)

sumber :