Memasang Hardisk External Pada Ps2 Slim Masih Optik

Pada postingan ini aku akan mencoba cara membuat OPL atau opan Ps2 Loader berjalan pada Ps2 slim tapi untuk yang masih pake optik atau lebih tepatnya Memasang Hardisk external pada Ps2 slim dengan menggunakan OPL untuk program bootingnya tapi bootingannya pake CD OPL untuk yang optiknya sudah rusak tutorialnya di sini.
Wallpaper playstation2slim
Langsung saja, apa saja yang di butuhkan :
  1. CD khusus Open Ps2 Loader, bisa di download di sini
  2. Program Usb Extreme yang digunakan untuk memformat hardisk externalnya, bisa di download di sini
  3. Hardisk external merk apa saja, dianjurkan merk SeaGate
  4. Usb Util 2.0 untuk mengisi game Ps2 ke Hardisk External, bisa di download disini
Karena kita menggunakan CD booting OPL langsung dari optik kita tidak perlu lagi menggunakan Memory Card booting karena CD OPL nya sudah berisi OPL 0.8 yang sudah mensupport penyimpanan settingan OPL di save ke Hardisk. Anda tinggal download CD OPL 0.8nya dan burning deh ke kaset CD, untuk program burningnya biasa saya pake Nero juga jalan, yang penting setingan kecepatan burningnya paling rendah.
Setelah kaset CD OPL selesai di burning, kita lanjutkan memformat hardisk externalnya, download program Usb Extreme buat formatnya, sebelum memformat pastikan dulu hardisknya formatnya NTFS dan tidak di partisi, karena kalau bukan ntfs tidak akan di bisa di format pake program Usb Extreme.
Setelah hardisk di format kita akan menginstal gamenya pake program USB Util 2.0, download programnya siapkan gamenya dan instal ke hardisk externalnya, untuk tutorial USb Util akan di jelaskan di sini.
Untuk menjalankannya tinggal masukin CD OPL 0.8nya di Ps2 slimnya, colokkan hardisk externalnya dan nyalakan ps2nya, unutk maen game pertama biasanya kita seting dulu OPLnya biar langsung ke menu Game USB,. Setelah kita maen game dianjurkan untuk membuka penutup kaset Ps2 slimya agar optik tidak cepat rusak, karena disini kegunaan CD OPL buat pancingannya doang, jadi setelah game jalan kita boleh membuka penutup kasetnya aja biar optik berhenti bekerja. Selesai deh, dan maen game lagi.


Dari :http://sikluk.blogspot.com/2011/03/memasang-hardisk-external-pada-ps2-slim_24.html