Cara Membuat Cup Cake Hias Warna Warni

Cup Cake Hias warna warni dengan Butter cream dan Fondant
Cup Cake Hias Warna Warni
Cara Membuat Cup Cake Hias Warna Warni - Cup Cake Hias memang sedang tren baik di indonesia maupun di luar negeri. cupcake kini mempunyai tampilan yang sangat menarik. Hmmm, selain rasanya yang enak, lezat, bahkan lembut, tampilannya yang beraneka ragam, mulai dari bentuk love, binatang, natal, lebaran, kartun, dan semua yang ber warna warni pun pastinya membuat kita akan semakin jatuh cinta dengan kue yang satu ini. Bahkan saat kita melihat hiasannya yang lucu, unik bahkan imut, maka kita akan merasa sayang untuk memakan kue nya. Cup Cake ini selain bisa disajikan secara sendiri-sendiri menurut bentuknya, juga bisa di mix sebagai hadiah dan kue ulang tahun untuk orang-orang yang kita sayang.

Bahan :
50 gr cream cheese
125 gr gula halus
35 gr mentega/butter
30 gr margarin
3 butir telur
210 gr tepung terigu kunci
20 gr teh hijau bubuk
35 gr susu cair
1 sdt baking powder

Cara Membuat Cup Cake :
1. Kocok atau mixer gula, cream cheese, mentega dan margarin sampai lembut.
2. Masukkan telur satu persatu bergantian dengan terigu. Lalu sambil terus mengocok dengan menggunakan kecepatan sedang, tambahkan susu cair dan aduk sampai rata.
3. Tuangkan adonan ke dalam cetakan muffin yang beralaskan cup kertas.
4. Oven adonan dengan suhu 190 derajat celsius selama 20 menit. lalu angkat dan dinginkan.


Cara Menghias Cup Cake Menjadi Warna Warni dan Unik :
Cup Cake Hias Butter Cream
Cup Cake Hias Butter Cream
1. Menghias Cup Cake dengan Butter Cream  :

Catatan, bila kita tidak mau repot untuk membuat sendiri buttercream, saat ini kita bisa membelinya yang telah jadi. Karena sekarang ini Butter Cream sudah banyak dijual di toko bahan kue di sekitar kita.

Cara Menghias Cup Cake dengan ButterCream:
1. Permukaan cupcake diratakan (bisa dilakukan memotong permukaan cup cake dengan pisau)
2. Olesi dengan butter cream sampai rata.
3. Lalu masukkan butter cream ke dalam plastik segitiga.
4. Kemudian masukkan spuit yang akan digunakan untuk membentuk pola hiasan ke dalam plastik segitiga yang ujungnya telah diberi lubang.
5. setelah itu masukkan plastik segitiga yang berisi butter cream tadi yang telah dilubangi ujungnya ke dalam plastik segitiga yang sudah diberi spuit tadi.
6. Mulailah menghias sesuai selera dan sesuai kreatifitas kita.

Keterangan Spuit : Setiap bentuk bentuk dari spuit akan menghasilkan bentuk hiasan yang berbeda beda.


Cup cake Hias Fondant / Plastic Icing
Cup Cake Hias Fondant
2. Menghias Cup Cake dengan Fondant / Plastic Icing :

Bentuk fondant / plastic icing sama seperti playdough / lilin malam yang biasa dipakai sebagai mainan anak. Rasa dari fondant ini manis dan fondant tidak tahan dengan suhu dingin dan lembab. Jadi kalau kita menghias cupcake dengan menggunakan fondant, kita tidak boleh memasukkannya ke dalam kulkas. Yang perlu dilakukan hanya di angin anginkan di depan kipas angin atau di simpan di ruangan ber AC.

Cara Menghias Cup Cake dengan Fondant / Plastic Icing :
1. Olesi permukaan cupcake dengan menggunakan selai
2. Giling / ratakan fondant dengan menggunakan rolling pin atau bisa juga menggunakan botol kaca yang bersih.
3. Lalu potong fondant sesuai dengan ukuran permukaan cupcake yang kita buat, kemudian letakkan diatas permukaan cup cake.
4. Buatlah macam macam bentuk dan aneka hiasan dengan icing cutter.
5. Tempelkan hiasan fondant yang sudah jadi ke atas permukaan cupcake yang telah diberi lapisan fondant. dan olesi sedikit air sebagai perekat.

Hmmm,, walaupun banyak tutorial / cara yang saya tuliskan di atas, tentunya anda tidak bosan kan membaca dan untuk mencoba Resep Membuat Cup Cake nya.. Karena akan jadi kepuasan sendiri saat kalian berhasil membuat dan berkreatifitas dengan cup cake bahkan saat membuatnya menjadi bentuk yang lucu dan unik. Baca juga resep yang lainnya, resep membuat kue mangkok dan resep membuat kue brownies yang lembut.

Salam Onliner's