Latbar Foodmonster Juni 2012 : Rainbow & Pandan Cake

fm7



Beberapa bulan terakhir ini, Ombre Cake dan Rainbow Cake sedang menjadi trend. Di milis, di Facebook, di mana mana beredar photo photo cake dan resep dengan warna sembur dan pelangi ini. Bahkan suamiku juga sempat tertarik karena dapat cerita dari teman temannya. Tapi waktu aku tantangin, aku mau buatin tapi harus dihabisin,dia mikir mikir lagi, secara suamiku kurang suka makan cake..hehehe..

Pada bulan Juni 2012 ini, Foodmonster, milis yang aktif aku ikuti, mengadakan latbar (latihan bareng) dengan thema Rainbow Cake dan Pandan Cake. Yang membagi ilmu kali ini adalah mbak Yuniar (memakai baju dan kerudung coklat), di rumahnya di Sidoarjo.

Aku sampai di rumah mbak Yun sekitar jam 9:15. Cinta yang lagi libur kenaikan kelas tadinya ingin ikut tapi aku kasih pilihan, ikut latbar tapi nggak boleh rewel kalau bosan, atau berenang di Sun City....ternyata dia lebih memilih renang tapi dengan syarat kalau sudah selesai renang boleh jemput dan kalau acaranya belum selesai, boleh ikutan bantu... Tapi waktu dia datang untuk menjemput, baking sudah selesai, hanya tinggal sesi photo saja, itu juga dia sudah bolak balik minta cepet pulang karena cape habis berenang dan agak bete karena tidak bisa memakai apron Foodmonster Junior yang dimilikinya.  :D

16 peserta yang dibagi menjadi 4 kelompok, berkumpul pada tanggal 23 Juni jam 9 pagi, dan tanpa membuang waktu segera menimbang bahan yang sudah dipersiapkan, memixer dan mengoven. sambil sharing pengalaman, tips dan tentu saja sambil makan makan potluck bawaan peserta :D

fm2

Basically, Rainbow Cake bisa menggunakan resep apa saja, bisa di oven atau dikukus. Waktu kami latbar ini, satu resep cukup untuk dibagi menjadi 6 loyang, diberi warna lalu dioven sampai matang. Waktu panggang disesuaikan, karena perlayer tipis tipis, jadi lebih cepat matang.

Ini adalah penampakan lapisan lapisan cake yang sudah selesai dioven

fm3

Setelah cake dingin, dioles dengan ganache, lalu disusun menurut warna..dilapisi lagi dengan ganache dan dihias sesuai selera.
fm4

Yang di bawah ini, Rainbow Cake hasil karya groupku, group 1 yang terdiri dari Indah, Alvi dan Retno. Cake kami tidak terlalu tinggi dibandingkan cake group lain, karena lapisan cream di setiap layernya tidak terlalu banyak. Kami lebih banyak menggunakan creamnya untuk mengcover dan menghias cakenya.


fm6

Setelah selesai, photo photoan per group dan memamerkan hasil kerja :)

fm11

Ini groupnya mbak Yuniar dan Mods, mbak Ari dan mbak Nana, bonus Indah :D

fm13

Setelah Rainbow cake jadi, masih ada waktu, dan mbak Yuniar membagikan cara membuat cake Pandan yang dioles buttercream dan parutan keju.

fm18

Sekitar jam 3 sore latbar selesai....kami pulang masing masing membawa 1/4 bagian Rainbow dan Pandan cake. Sampai di rumah, aku sudah lemes kecapekan, Cinta masih niat motret...dia  menyiapkan meja, mengambil piring dan dia sendiri yang menata sekaligus menentukan backdropnya harus berwarna hitam, lalu jeprat jepret dan jadinya seperti di bawah ini. Not bad, kan? :D

fm17

Oiya,  ini adalah potluck yang aku bawa, Pancake Durian....

fm1

Terimakasih mbak Yuniar dan Mods, kalau bukan karena Latbar ini aku tidak bakalan membuat Rainbow cake, bukan karena tidak bisa, tapi karena males ribetnya..hehehe... Eh, tapi waktu lihat mbak Yuniar baking, rasanya kok cepet, simpel dan praktis banget....sebentar sudah plak plek dan cakenya jadi..

Sekarang pertanyaannya, apakah setelah latbar aku akan menerima pesanan Rainbow Cake? Belum tentu juga sih... :D

Anyway, Mods, Mons, sampai ketemu di latbar Foodmonster berikutnya ya....