Flaxseeds Untuk MPASI/Makanan Bayi

Beberapa hari lalu, ada mama kece di milis MPASI Rumahan yang bertanya soal Flaxseeds dan Wheatgerm untuk digunakan sebagai MPASI/Makanan Bayi.


Berhubung di sini lebih mudah nyari flaxseeds ketimbang wheatgerm, maka saya mencoba untuk menjawabnya dengan acuan literatur dari buku Super Baby Food-nya Ruth Yaron.


Kalau dalam bahasa Indonesia, flaxseed terjemahannya adalah Biji Rami, nama lainnya adalah linseed, dan nama ilmiahnya adalah Linum usitatissimum. Bentuknya seperti biji-bijian pakan burung. Kecil-kecil, coklat/kuning mengkilap. 
flaxseeds coklat
Flaxseeds ini biasanya digunakan untuk campuran roti-roti bersama dengan biji-bijoan lain seperti poppyseeds dan  pumpkinseeds. Tujuannya supaya serat yang terkandung semakin tinggi. Flaxseeds memang mengandung kandungan serat yang tinggi plus memberikan rasa gurih. Ya, flaxseeds ini enak banget kalo udah dipanggang. Rasanya gurih kacang. Selain itu flaxseed adalah satu-satunya makanan yg memiliki kandungan omega-3 dan asam lemak esensial linoleat tertinggi. Bahkan dibandingkan ikan laut sekalipun. (ruth yaron, super baby food 2nd edition : 506). Cihuy kan? Jadi kalo anak belum boleh makan ikan laut karena belum berumur 9 bulan bisa menggunakan flaxseed ini sebagai alternatif sumber omega 3 dan asam lemak esensial yang kece!


Nah, untuk menambahkan flaxseeds ke damam MPASI/Makanan Bayi ada triknya. Flaxseeds mentah harus digerus terlebih dahulu baru dicampurkan ke dalam bubur/tim/makanannya. Flaxseeds bisa dikenalkan sejak usia 7 Bulan, cukup gerus 1/2 sdt flaxseeds mentah untuk "jatah" makan sehari. Jangan lupa jaga asupan air putih, karena si biji rami ini seratnya tinggi. Kalo nggak cukup minum air putih bisa sembelitttt... Jumlah bisa ditingkatkan sedikit demi sedikit seiring bertambahnya umur.


Perlu diketahui, flaxseeds mentah utuh bisa disimpan di lemari es sampai 1 tahun. Tapi kalau sudah digerus, harus langsung dikonsumsi karena mudah sekali jadi tengik/rancid dalam waktu beberapa jam saja.


Flaxseeds yang bagus adalah yang berwarna coklat/kuning, mengkilat dan tidak berbubuk. Kalau sudah ada bubuk halus (kayak yang difoto.. hihi) artinya umurnya sudah lama/penyimpanannya kurang baik. Simpan di wadah tertutup dalam lemari es untuk memperpanjang masa simpan. Flaxseeds banyak tersedia di toko bahan kue, supermarket premium yang biasanya menjual bahan makanan impor, dan juga toko bahan makanan organik. Harganya lumayan mahal. Tapi nggak lebih mahal daripada sekilo salmon kualitas keren sih :D


Nah, selamat memperkaya gizi dengan biji rami aka flaxseeds ya. Kalo susah cari flaxseeds ya ndak usah sedih :D kan masih banyak aneka makanan lain yang kaya omega-3 dan mudah didapat seperti bayam, toge (ya! toge!), minyak kanola, dan minyak zaitun :)


Salam Makan-makan!