Lapis India Pandan


Lapis India Pandan


Jangan bosan ya postinganku tentang lapis India lagi. Karena kemarin sukses dengan yang versi original alias pake gula merah dan udah lenyap masuk perut semuanya, hari ini aku coba lagi yang rasa pandan. Penasaran gimana rasanya...membayangkan wangi pandannya, hmmmm...

Ternyata goyang Indianya nggak terlalu heboh. Gelombangnya agak malu-malu...hehehe. Kalo soal rasa menurutku enakan yang kemarin. Gula merah lebih meminimalisir bau telurnya. Menurutku lhooo...di bawah ini aku bikin setengah resep dari lapis india gula merah ya...jadi aku pake cetakan brownies. Adonannya pas banget,...gak bersisa.


Bahan :
- 300 ml santan kanil (dari 1 butir kelapa)
- 300 air pandan (dari 5 lembar daun pandan)
- 175 gr gula pasir
- 1 bungkus tepung hunkwe warna putih
- 1/2 kaleng susu kental manis
- 4 butir telur, kocok lepas
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt vanili bubuk


Cara membuat :
  1. Panaskan dandang dengan api tinggi.
  2. Olesi loyang dengan minyak goreng dan lapisi ( dasar dan sisi loyang ) dengan plastik tahan panas
  3. Kocok lepas telur dan gula. Masukkan santan, air pandan, aduk rata. Tambahkan hunkwe, susu kental manis, vanili dan garam, aduk rata menggunakan whisk. Saring.
  4. Masukkan loyang ke dalam dandang. Biarkan loyang panas.
  5. Tuang adonan ke loyang 1 sendok sayur besar ( kurleb 100 ml ), tutup.
  6. Setelah lima menit, apabila lapisan sudah keras, tuang adonan berikutnya perlahan dari sisi loyang. Sebelum menuang adonan harus diaduk dulu agar tepungnya tidak mengendap di bawah.
  7. Demikian lakukan hingga habis.
  8. Setelah lapis terakhir dituang, kukus selama 15 menit.
  9. Buka tutup dandang, hilangkan uap panasnya. Simpan dalam lemari pendingin.
  10. Potong-potong. Lapis india siap disajikan.