Apam Balik



Seperti biasa hari ini...coba-coba resep baru lagi. Habis jalan-jalan di blog Jane's Corner ketemu resep apam balik atau ban jian kueh Malaysia yang notabene miriiiiip sekali dengan resep Indonesia martabak manis or terang bulan. Bedanya apam balik lebih tipis dan penyajiannya langsung aja dilipat dua....dan setahuku yang pernah aku lihat... isiannya kacang tanah sama gula or kadang ditambah jagung manis.

Bahannya sih sama aja dengan terbul cuma beda dikit di cara pembuatan. Adonannya lebih bagus kalo diinapkan semalaman di kulkas.

Ini resepnya Jane ya yang udah aku Indonesiakan :

Bahan :

- 200 gram terigu protein sedang
- 2 sdt baking powder (aku pake 1 sdt aja)
- 3/4 sdt baking soda
- 1/2 sdt garam halus
- 50 gram gula pasir
- 160 ml air
- 160 ml susu cair
- 1 butir telur
- 40 gram butter lele
- 1 1/8 sdt air alkaline (aku gak pake)

Filling :
- kacang tanpa kulit, sangrai (cincang kasar)
- gula pasir
- butter
- susu kental manis
- keju parut

Cara membuat :
  1. Dalam wadah, campur semua bahan kulit. Aduk rata.
  2. Aduk rata menggunakan whisk sampai halus dan tidak bergerindil. Simpan di kulkas semalaman. (aku cuma 5 jam)
  3. Panaskan pan anti lengket. Beri sedikit minyak dan bersihkan sisa minyaknya menggunakan lap.
  4. Tuang adonan secukupnya ke dalam pan. ( kalo mau lebih tebal bisa ditambahkan adonannya).
  5. Apabila gelembungnya sudah mulai banyak, taburi gula filling sesuai selera (lebih enak ditambahkan sedikit butter) lalu tutup pan agar tengahnya cepat matang.
  6. Apabila tengahnya sudah matang dan pinggirannya sudah mengeras segera angkat.
  7. Lipat dua. Sajikan panas.