Puding Susu Keju


Pertama ditawarkan kue ini kok namanya kedengaran aneh ya...puding susu keju? Kan biasanya puding tuh manis. Lhaaa ini kok asin. Tapi pas anak-anak cobain...'wuiiih enak sekali bu' katanya. Akhirnya aku cicip juga. Ternyata memang gak seaneh judulnya. Creamy karena memakai santan dan susu bersamaan...vlanya gak tlalu manis karena gak pake gula. Cuman susu kental manis. Ditambah lagi toppingnya keju. Makasih tuk tetanggaku yg baik hati Hilce tuk resepnya...sekarang ini jadi salah satu puding favorit anak-anak. Kalo Masku sih gak doyan,...katanya mending dia puding cokelat aja deh...hehehe. Oh iya...keunikan lain puding ini vlanya letaknya di dasar puding. Jadi pada waktu dipotong dan diangkat baru deh kelihatan kalo ada vlanya. Puding ini bisa juga lho di taruh di cup-cup plastik kalo ada acara-acara.



Aku bikinnya setengah dari resep asli karena satu resep jadinya bisa sampai 3 pyrex ukuran sedang. Tapi di bawah ini resep aslinya ya...ukuran gelasnya pake gelas tinggi aja.

Bahan vla :
- 3 sdm tepung maizena
- 5 butir kuning telur
- 3 gelas santan dari 1 butir kelapa
- 1 kaleng susu kental manis Carnation (aku pake Frisian Flag)
- 1 bks vanili bubuk
- 1/4 sdt garam

Cara membuat :
  1. Campur santan, susu kental, maizena, vanili, kuning telur.
  2. Aduk rata menggunakan whisk. Masak dengan api sedang sampai meletup-letup. Angkat, tuang ke dalam 3 pyrex. Ratakan.
  3. Sisihkan.
Bahan Puding :
- 2 bks agar-agar
- 3 gelas air
- 1 1/2 gls gula pasir
- 5 butir putih telur
- keju cheddar

Cara membuat :
  1. Kocok putih telur sampai berbusa. Masukkan sedikit gula pasir sambil terus dikocok sampai mengembang.
  2. Masak agar-agar, air dan sisa gula sampai mendidih. Tuang sedikit demi sedikit ke dalam kocokan putih telur sambil dimixer terus sampai tercampur rata.
  3. Tuang agar-agar ke atas bahan vla. Beri parutan keju cheddar di atasnya.
  4. Dinginkan di kulkas.
  5. Siap disajikan dalam keadaan dingin.