Mie Kuah ala Vietnam


Niatku sebenarnya pingin bikin 'pho bac' sejenis mie kuah khas Vietnam yang kesohor itu...hehe.
But setelah kucoba...kok rasanya kurang sesuai di lidahku ya. Gak tau karena resepku yang salah or memang begitulah rasa asli dari pho bac. Akhirnya aku menambahkan sedikit bumbu lagi untuk mendapatkan rasa yang sesuai dengan lidahku dan kuberi nama mie kuah ala Vietnam. Kalau pho bac resep aslinya benar benar bumbunya minimalis. Cuman garam, pekak, kayu manis, dan jahe. Gak pake bawang putih n merica. Ditambahkan kecap ikan khas Vietnam dan dihidangkan bersama potongan lobak, bawang bombay, cabe merah, daun bawang dan toge. Ditambah perasan jeruk nipis dan saus sambal. Cara membuat kaldunya betul-betul butuh perjuangan, karena ciri khas pho bac ini adalah kuah yang bening. Air rebusan tulang yang pertama harus dibuang lalu ditambahkan air lagi berulang ulang. Setiap muncul kotoran, lemak atau busa yang mengapung harus dibuang segera sampai didapatkan kuah yang benar-benar bening. Tapi kalo teman-teman mau resep yang simple dan mudah bisa lihat di sini. Resep yang kupakai sama aja tapi kutambahkan bawang putih n' merica putih bubuk. Kuah terakhirnya tetap disaring biar bening. Dan karena dagingnya tidak dimasak bersama kuah...hanya butuh siraman kuah panas untuk mematangkannya maka potongan daging benar-benar super tipis. Untuk mendapatkan daging dengan irisan yang sangat tipis, bekukan dulu daging has dalam di freezer.