Kue Kering Soun



Kuker ini bertekstur renyah tapi bukan karena menggunakan baking powder. Tapi ke dalam adonannya diberi soun yang terlebih dulu digoreng sampai mengembang dan garing lalu dihaluskan menggunakan gelas (kalo pake blender teksturnya hilang), jadi kalo dimakan terasa krenyes-krenyes...harum susunya disumbangkan oleh penggunaan susu bubuk dalam adonan dan ayakan tepung biskuit marie susu (Regal) di bagian luarnya.

Bahan :
- 150 gr margarine
- 50 gr butter
- 160 gr gula halus
- 2 btr kuning telur
- 2 sdm susu bubuk
- Terigu secukupnya
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1/2 bks soun (goreng sedikit2 dalam minyak banyak sampai garing lalu tiriskan)
- 1/2 bungkus biskuit marie susu (mis:Regal) diblender halus


Cara membuat :
  1. Gunting-gunting soun kering agar tidak terlalu panjang. Goreng sedikit-sedikit dalam minyak sampai garing. Tiriskan di atas tisu dapur. Biarkan dingin. Haluskan/gilas menggunakan bagian bawah gelas. Sisihkan.
  2. Mixer margarine, butter dan gula halus asal tercampur rata. Tambahkan kuning telur,vanili dan susu bubuk, kocok asal rata.
  3. Masukkan terigu sedikit-sedikit sambil diaduk sampai mendapatkan tekstur yang dapat dipulung. Jangan masukkan terigu sekaligus karena adonan akan menjadi keras bila terkena udara. Bentuk bulan sabit. Tekan/pipihkan sedikit bagian tengahnya agar tengahnya tidak mentah.
  4. Panggang dengan panas api 150 sampai kuning dan garing. Angkat. Biarkan hangat. Hangat-hangat ayak dengan biskuit marie di atasnya. Biarkan dingin. Simpan dalam toples.