Tips mengolah makanan sisa

Pilav Sisa
jika terdapat pilav sisa kemarin dan tidak akan dimakan lagi (karena pilav masih dapat dimakan keesokan harinya yang sebelumnya dihangatkan dulu) jangan langsung dibuang tapi dapat diolah menjadi makanan baru. Pilav tersebut dapat diolah menjadi pirinç çorbası, caranya seperti ini:
didihkan air atau air kaldu bersama bumbu-bumbu (tomat pasta, cabe merah powder, garam, merica), setelah mendidih baru masukan pilav sisa tersebut. Dapat juga diolah menjadi ıspanak pirinç yemeği (jika punya bayam)
Sulu Yemekler Sisa
jika terdapat sulu yemekler sisa kemarin dan tidak akan dimakan lagi (karena bisa dihangatkan) jangan langsung dibuang tapi dapat diolah lagi menjadi makanan baru. Jika bersamaan ada pilav sisa maka dapat disatukan untuk dijadikan nasi goreng. Kita dapat menambahkan telur serta bumbu nasi goreng seperti biasa.
Makarna Sisa
jika terdapat makarna (makroni atau spageti) sisa kemarin dan tidak akan dimakan lagi (karena bisa dihangatkan), jangan langsung dibuang tapi dapat diolah lagi menjadi makanan baru. Misalnya saja kita dapat menambahkan telur, garam dan merica lalu digoreng maka jadilah omelet.
Catatan:
jika memasak, masaklah seperlunya jangan berlebihan hingga masakan bersisa dan mubadzir. Jika mengambil makanan janganlah berlebihan pula tapi ambillah seperlunya yang akan kita makan jika masih ingin makan barulah nanti tambah lagi.
Pikir-pikir dulu sebelum membuang makanan sisa, karena masih banyak orang yang tidak seberuntung kita. Mereka mungkin tidak dapat makan setiap hari. Ketika mereka yang kurang beruntung tidak dapat makan sedangkan kita membuang-buang makanan, sungguhlah kita telah menyia-nyiakan rezeki dari Allah. Jika dapat diolah kembali menjadi makanan lain maka olahlah tapi jika tidak bisa diolah atau malas mengolahnya lebih baik berikan pada hewan peliharaan punya sendiri atau punya tetangga.